Cara Jumper Aki Mobil

Mobil mogok adalah masalah besar, karena itulah cara jumper aki mobil yang tepat mesti dilakukan. Cara ini tak bisa dilakukan sembarangan supaya mesin kendaraan bisa menyala kembali. Persiapan paling penting di sini adalah menyediakan aki lain dengan kondisi masih sangat bagus atau memanfaatkan jumper aki dari mobil lain.

Mengecek Penyebab Aki Tidak Menyala

Hal pertama adalah memastikan dulu apa yang menyebabkan aki tidak menyala. Caranya dengan menyalakan lampu kendaraan. Kalau nyalanya redup, berarti akinya memang sudah rusak atau soak. Tapi jika nyala kendaraan normal, berarti tidak ada masalah dengan aki.

Menyiapkan Kabel Jumper

Kabel jumper yang mesti disiapkan setidaknya berdiameter sekitar 10 mm. Mengapa? Karena ukuran tersebut bisa menghindarkan dari risiko kabel memanas akibat tegangan listrik yang membesar saat starter dinyalakan.

Langkah-langkah Jumper Aki Mobil:

jumper aki mobil

ü  Posisi aki lain atau mobil yang digunakan sebagai jumper berdekatan dengan aki yang hendak dinyalakan. Setidaknya, panjang kabel mencukupi jaraknya.

ü  Pasanglah kabel berwarna merah untuk sambungan positif di aki dan kabel berwarna hitan untuk sambungan negatif. Pastikan bahwa posisi itu tidak terbalik.

ü  Sebelum menyalakan starter, tunggu beberapa saat supaya ada tegangan masuk ke dalam aki, apalagi jika kendaraan itu sudah lama didiamkan. Setelah itu, nyalakan starter.

ü  Kalau mesin kendaraan sudah menyala, copot kabel jumper satu demi satu dan jangan sampai saling bersentuhan.

ü  Cek di panel speedometer untuk memastikan bahwa indikator lampu aki menyala atau tidak. Jika lampu tidak menyala, sistem pengisian sudah berhasil. Bagaimana jika tetap menyala? Berarti ada gangguan saat pengisian aki dan segeralah memperbaiki alternator.

Solusi Jika Tidak Ada Kabel Jumper

Jangan panik jika tidak ada kabel jumper. Masalah ini masih bisa ditangani dengan menggunakan aki lain yang masih bagus, yakni dengan bentuk dan ukuran yang sama khususnya di bagian terminal aki.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

ü  Lepaskan aki kendaraan yang tak menyala itu, kemudian pasanglah aki yang masih bagus.

ü  Nyalakan starter.

ü  Ketika mesin sudah menyala, copot klem negatif dari aki. Lanjutkan dengan mencopot klem positif jika kondisi mesin masih menyala.

ü  Lepaskan aki yang masih bagus itu kemudian pasang kembali aki yang sudah soak tadi supaya dicas oleh alternator.

ü  Selama mengganti aki tadi, pastikan bahwa tidak ada kabel yang saling bersentuhan.

Tips Menjaga Kualitas Aki

Karena persoalan aki soak bisa merembet ke masalah yang lebih besar, maka penting sekali menjaga kualitas aki kendaraan. Komponen ini sangat penting bagi mobil  dan oleh sebab itu mesti dirawat sebaik-baiknya demi menjaga kualitas.

Supaya aki mobil tidak cepat soak atau rusak, beberapa tips perawatan di bawah ini semoga bisa membantu.

ü  Mengecek beban penggunaan aki. Hal ini bisa dilakukan dengan membawa kendaraan ke bengkel untuk diperiksa.

ü  Membersihkan aki secara rutin, khususnya di bagian terminal. Biasanya bagian tersebut kerap tertutup debu atau tumpukan kotoran. Dampaknya adalah aliran listrik yang terganggu. Cara membersihkannya cukup menggunakan sikat plastik atau kawat.

ü  Memanaskan mesin kendaraan merupakan salah satu cara perawatan aki yang termudah. Walau tidak akan menggunakan mobil, tetap nyalakan mesin selama sekitar 10 menit.

ü  Mengecek ketersediaan arus listrik di dalam aki. Selalu pastikan bahwa ada cadangan listrik di dalam aki supaya tidak terjadi mogok atau mesin susah dinyalakan.

ü  Kalau sedang tidak digunakan dalam jangka panjang, solusinya adalah dengan mencopot aki.

ü  Selalu gunakan aki kering berkualitas terbaik.