Tanda Gejala Kehamilan !

Swbwlum membahas gejala kehamilan maka perlu mengetahui apa itu kehamilan.  Masa kehamilan adalah sebuah momen yang ditunggu-tunggu sebagian besar wanita setelah melewati pernikahan. Biasanya para pasangan yang sedang menantikan kehadiran buah hati tersebut bahkan rela mengamati segala perubahan yang terjadi pada kondisi sang calon ibu. Banyak gejala awal kehamilan yang bisa diamati. Akan tetapi, bukanlah hal mudah untuk mengetahui tanda awal kehamilan jika ternyata siklus haid masih terbilang normal. Lalu, bagaimana cara mengetahui kehamilan pada masa haid yang belum telat?

hamil

gejala kehamilan yang pertama diawali dengan tanda telat haid,  bahwa sebagian besar wanita cenderung mengamati siklus haid terlebih dulu untuk menentukan tanda kehamilan yang dirasakannya. Padahal, beberapa tanda kehamilan juga bisa muncul sebelum telat masa haid lho!

hamil2

1. Sering Buang Air Kecil

Ketika seorang wanita hamil maka gejala kehamilan yang dialami,  sebagian besar darah akan terpompa lebih cepat menuju ginjal. Kondisi ini juga disebabkan peningkatan kadar progesterone dalam tubuh yang mengakibatkan ginjal menyaring cairan dan memproduksi urin dalam waktu yang relatif cepat. Produksi urin yang cepat ini akhirnya akan memenuhi rongga kantong kemih, sehingga membuat seseorang yang hamil lebih sering buang air kecil.

2. Mual dan Muntah

Sudah lumrah bila seorang wanita yang hamil akan menimbulkan gejala seperti mual dan muntah. Ini tidak hanya terjadi saat masa telat haid saja, tetapi juga sebelum menstruasi terhambat sementara waktu. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar hormon esterogen yang membuat asam lambung meningkat, sehingga mual dan muntah akan lebih sering dirasakan seiring dengan peningkatan jumlah asam lambung tersebut. Selain hormon esterogen, rasa mual dan muntah juga biasa disebabkan oleh tingginya kadar Human Chorionic Gonadotrophin atau HCG yang dihasilkan plasenta. Kehadiran HCG inilah yang menyebabkan rasa tidak  nyaman seperti mual dan muntah pada masa awal kehamilan.

3. Payudara Nyeri

Bagian payudara akan menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan, atau sedikit gesekan. Meskipun gejala ini biasanya dialami saat Pre Menstruasi Syndrome, ternyata salah satu tanda kehamilan juga bisa menimbulkan gejala yang sama.

4. Suhu Tubuh Meningkat

Tanda awal pada wanita yang sedang hamil adalah naiknya suhu tubuh jika diukur menggunakan thermometer. Meskipun tidak semua wanita hamil mengalaminya, peningkatan suhu tubuh ini adalah kondisi normal selama tidak menimbulkan demam tinggi.

5. Keputihan

Keluarnya lendir berwarna putih dari vagina atau biasa disebut keputihan menjadi tanda awal kehamilan yang banyak dikeluhkan para wanita. Keputihan ini terbilang normal karena saat hamil, jumlah frekuensi keputihan cenderung mengalami peningkatan dari biasanya. Selama keputihan tidak mengeluarkan ciri lain seperti berbau, atau menimbulkan gatal dan perih, maka hal ini masih dianggap wajar sebagai tanda kondisi tertentu seperti kehamilan.

6. Bagian Tubuh Membesar

Saat hamil, beberapa bagian tubuh wanita juga akan membesar karena adanya perubahan kadar hormon tertentu. Beberapa bagian yang biasanya akan semakin berukuran besar antara lain, lengan, paha, pinggul ,hingga pantat.

7. Mudah Lelah

Pernah mengamati wanita yang sedang hamil? Ya, sebagian besar dari mereka pasti akan merasa mudah lelah dalam menjalani aktifitasnya sehari-hari. Kondisi kelelahan itu bisa ditimbulkan dari efek tingginya kadar progesterone yang ada dalam tubuh dan mengakibatkan kondisi fisiknya semakin menurun.

Beberapa gejala yang dijelaskan diatas merupakan tanda awal kehamilan yang dialami para wanita. Dengan mengetahuinya lebih awal, diharapkan anda pun bisa lebih cepat memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk menjaga kondisi bakal janin. Semoga bermanfaat!