Tidak Perlu Keramas Setiap Hari

4 Alasan Tidak Perlu Keramas Setiap Hari

Keramas mungkin menjadi rutinitas disamping mandi yang menyenangkan tapi ternyata keramas setiap hari itu tidak perlu. Dengan keramas, selain membuat rambut semakin bersih  ternyata juga meningkatkan rasa percaya diri karena jelas bau rambut akan lebih wangi. Namun, tahukah anda bahwa ternyata keramas juga tidak selalu dibutuhkan oleh rambut setiap hari lho! Kenapa ya?

keramas

Pada dasarnya, keramas memang merupakan aktifitas positif yang dilakukan agar kesehatan dan kebersihan rambut serta kulit kepala semakin maksimal. Sayangnya, banyak hal ternyata yang membuat keramas juga tidak baik dilakukan setiap hari. Rambut bukan hanya tidak tampil natural, tetapi banyak juga bahan kimia yang kemudian terserap oleh rambut. Nah, alasan lainnya bisa disimak pada uraian singkat berikut ini. Yuk simak!

Keramas

1. Minyak Alami

Ternyata pada setiap kulit kepala manusia sudah berproses minyak alami yang terkandung di dalam setiap helai rambutnya. Hal ini tanpa disadari sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban alami rambut anda. Dengan demikian, anda juga tidak perlu keramas setiap hari hanya untuk membuat rambut tampak lembut. Dengan minyak alami tersebuut, rambut sudah mampu tampak berkilau, dan halus tanpa membutuhkan bantuan dari bahan kimia dari shampoo dan sejenisnya.

2. Rambut Tampak Lebih Indah

Perlu diketahui bahwa shampoo bukan hanya menimbulkan kesan positif untuk membersihkan rambut, kenyataannya shampoo dan sejenisnya juga bisa membuat rambut tampak lebih kusam dan kering. Cobalah untuk mengamati saat rambut belum keramas. Rambut akan tampak lebih indah secara alami karena kandungan minyak yang sudah membuat rambut mudah diatur meski tanpa menggunakan bahan kimia apapun. Bisa jadi, ketika anda keramas setiap hari justru akan membuat rambut tampak kering dan susah diatur sekaligus mengembang.

3. Menjaga Kesehatan Rambut

Tidak keramas setiap hari bukan berarti jorok ya! Justru bagi anda yang ingin menjaga kesehatan rambut secara alami disarankan untuk tidak keramas setiap hari. Saat keramas, kulit kepala sekaligus setiap helai rambut anda akan semakin terpapar dengan bahan kimia. Hal inilah yang berbahaya jika berlangsung terus-menerus. Selain itu, bagi anda yang seringkali menggunakan hairdryer setelah keramas, juga bisa mengurangi efek buruk dari alat tersebut.

4. Warna Rambut

Menjaga warna rambut secara alami juga diperlukan dengan tidak melakukan keramas setiap hari. Ya, hal ini juga berlaku bagi anda yang sengaja memoleskan warna rambut. Dengan tidak keramas setiap hari warna rambut yang sudah dipoleskan pada rambut asli anda tidak akan cepat memudar.

Secara umum, keramas boleh dilakukan dalam rentang waktu dua hari sekali atau tiga hari sekali untuk menjaga kesehatan rambut khususnya bagi anda yang sering berada di luar ruangan. Selain itu, menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat rambut lebih disarankan sebagai pengganti keramas yang biasanya dilakukan setiap hari. Beberapa bahan alami yang bisa menggantikan fungsi keramas dan membuat rambut senantiasa sehat adalah sebagai berikut.

·       Gel lidah buaya, bisa anda oleskan perlahan pada bagian kulit kepala dan rambut saat akan mandi. Bilaslah hingga bersih dan lakukan secara rutin untuk menjaga kesuburan dan warna hitam alami dari rambut anda.

·       Perasan wortel, bisa menjadi pengganti kondisioner ketika keramas. Jadi, anda tidak perlu lagi keramas setiap hari dan boleh menggantikannya dengan membubuhkan perasan wortel pada rambut dan kulit kepala. Biarkan semalaman untuk menghasilkan rambut halus di pagi harinya.

Keramas memang termasuk aktifitas yang menyenangkan dan menjadi cara tepat untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran dan debu. Akan tetapi, hal tersebut juga ternyata tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari. Semoga bermanfaat!